Tentang CV Amanah Transporter

Thursday, September 8, 2016

Pulau Penyengat Tanjung Pinang

Pulau Penyengat Tanjung Pinang

Pulau Penyengat Tanjung Pinang - Kepulauan Riau 


Jika Anda Berkunjung ke Tanjung Pinang , Pulau Bintan Kepulauan Riau, tidak lengkap rasanya jika tidak mampir ke Pulau Penyengat . Pulau Penyengat atau Pulau Penyengat Inderasakti . Dalam sebutan sumber-sumber sejarah, adalah sebuah pulau kecil yang berjarak kurang lebih 3 km dari Kota Tanjungpinang, pusat pemerintahan Provinsi Kepulauan Riau. Pulau ini berukuran kurang lebih 2.500 meter x 750 meter dan berjarak lebih kurang 35 km dari Pulau Batam. Nama Pulau Penyengat konon diambil dari nama binatang penyengat sebangsa lebah. Dikisahkan suatu kali para saudagar yang berlayar di kawasan Laut Cina Selatan berlabuh untuk mengambil air di kawasan pulau tersebut dan kemudian diserang binatang penyengat. Dari kejadian itukah kemudian pulau tersebut dijuluki Pulau Penyengat. Pulau Penyengat adalah milik Engku Putri atau dikenal juga dengan Raja Hamidah,yang mana adalah putri Raja Syahid Fisabilillah Marhum Teluk Ketapang – Yang Dipertuan Muda Riau IV – yang termashur sebagai pahlawan Riau dalam menentang penjajahan Belanda.

Pelabuhan Pulau Penyengat Tanjung Pinang

Sekilas Tentang Pulau Penyengat


Pulau ini dihadiahkan suaminya Sultan Mahmud Syah sebagai mas kawinnya sekitar tahun 1801-1802. Selain itu Engku Putri adalah pemegang regalia (alat-alat kebesaran kerajaan) kerajaan Riau. Untuk Menuju Pulau ini kita dapat menggunakan perahu bot atau lebih dikenal pompong. Dengan menggunakan pompong, memerlukan waktu tempuh kurang lebih 30 menit.

Pulau Penyengat merupakan salah satu obyek wisata di Kepulauan Riau. Salah satu objek yang bisa kita liat adalah Masjid Raya Sultan Riau yang terbuat dari putih telur, makam-makam para raja, makam dari pahlawan nasional Raja Ali Haji, kompleks Istana Kantor dan benteng pertahanan di Bukit Kursi. 

Pulau penyengat dan komplek istana di Pulau Penyengat telah dicalonkan ke UNESCO untuk dijadikan salah satu Situs Warisan Dunia .


1. Mesjid Raya Sultan Riau

Mesjid Raya Sultan Riau Pulau Penyengat


Mesjid yang menjadi kebanggaan orang Melayu Riau ini didirikan pada tanggal 1 Syawal 1249 H (1832 M) atas prakarsa Raja Abdurrahman, Yang Dipertuan Muda Riau VII. Bangunan mesjid ini seluruhnya terbuat dari beton, berukuran 18 x 19,80 meter Berdiri di atas lahan seluas sekitar 55×33 m. Di bagian dalam ruang utama terdapat empat buah tiang utama. Pada keempat sudut bangunan berdiri empat buah menara, sedangkan atapnya terdiri dari 13 buah kubah yang unik. Cerita masyarakat tempatan menyebutkan, untuk membangun mesjid ini terutama untuk memperkuat beton kubah, menara dan bagian tertentu lainnya, dipergunakan bahan perekat dari campuran putih telur dan kapur. Pelaksanaan pembangunannya melibatkan seluruh lapisan masyarakat di kerajaan Riau yang bekerja siang malam secara bergiliran. Masuk ke dalamnya kita dapat menyaksikan koleksi perpustakaan Raja Muhammad Yusuf al Ahmadi, Yang Dipertuan Muda Riau X, mimbar khotib yang khas serta kitab-kitab kuno dan kitab suci Al-Quran bertulis tangan. 

2. Makam Raja Haji

Makam Raja Haji Pulau Penyengat

Raja Haji-Yang Dipertuan Muda Riau IV - adalah pahlawan Melayu yang amat termashur. Beliau berperang melawan penjajah Belanda sejak berusia muda sampai akhir hayatnya dalam peperangan hebat di Tetuk Ketapang tahun 1784.

Raja Haji yang hidup antara tahun 1727-1784 itu telah membuktikan dirinya sebagai pemimpin, hulubalang dan ulama. Para penulis sejarah mencatat, terutama pada tahun 1782-1784 cukup berpengaruh terhadap stabilitas sosial politik dan ekonomi di wilayah Nusantara dan negeri-negeri Belanda yang sangat tergantung terhadap sumber perekonomiannya di Timur.

Pihak Belanda bahkan menganggap bahwa perang yang dipimpin Raja Haji adalah peperangan yang cukup besar dan sempat menggoncangkan kedudukan Belanda di Nusantara. Karena kepahlawanannya itulah, Raja Haji diagungkan masyarakat Melayu, disebut dengan gelar Raja Haji Fisabilillah Marhum Teluk Ketapang.

Ketika beliau mangkat dalam peperangan hebat di Teluk Ketapang, jenazahnya kemudian dibawa ke Malaka dan dikebumikan disana. Baru beberapa tahun kemudian jenazah beliau dibawa ke pulau Penyengat dan disemayamkan dalam makam yang terletak di Bukit Selatan pulau Penyengat, bersebelahan dengan makam Habib Syekh, seorang ulama terkemuka di kerajaan Riau-Lingga.

3. Makam Raja Jaafar

Makam Raja Jaafar Pulau Penyengat

Raja Jaafar – Yang Dipertuan Muda Riau VI – adalah putra Raja Haji Sahid Fisabilillah Marhum Teluk Ketapang. Raja Jaafar menjadi Yang Dipertuan Muda Riau VI tahun 1806-1831. Ketika mangkatnya digelar Marhum Kampung Ladi.

Kompleks makam almarhum Raja Jaafar seluruhnya dibuat dari beton, indah dan kokoh. Pada makam ini terdapat pilar-pilar, kubah-kubah dari beton yang dihiasi ornamen yang menarik. Di luar cungkup makam ini, dalam kompleks makam terdapat pula kolam air yang dilengkapi tangga batu tempat berwuduk. Di kompleks makam ini terdapat pula makam-makam keluarga bangsawan lainnya.


4. Makam Raja Abdurrakhman

Makam Raja Abdurrakhman Pulau Penyengat

Raja Abdurrakhman – Yang Dipertuan Muda Riau VII – ketika mangkatnya digelar Marhum Kampung Bulang. Raja Abdurrakhman menjadi Yang Dlpertuan Muda Riau tahun 1832-1844. Beliau terkenal aktif dalam menggalakkan pembangunan di pulau ini, serta taat beribadah. Salah satu hasil upaya beliau yang utama adalah pembangunan Mesjid Raya Penyengat. Karena jasanya itutah, ketika beliau meninggal dunia jenazahnya dikebumikan hanya beberapa ratus meter di bagian belakang mesjid, terdapat pada sebuah lereng bukit.


5. Istana Sultan Abdurrakhman Muazzam Syah

Istana Sultan Abdurrakhman Muazzam Syah Pulau Penyengat

Bangunan bekas istana Sultan Riau yang terakhir ini hanya berupa puing-puing belaka dahulu. Istana ini disebut Kedaton, dengan lapangan luas di sekitarnya. Istana ini mulai rusak sejak Sultan Abdurrakhman Muazzam Syah (1833-1911) meninggalkan Penyengat karena dimusuhi Belanda, akibat sikap beliau menentang pemerintahan Betanda tahun 1911. Beliau segera ke Daik dan bergegas meninggalkan Daik dan untuk selanjutnya bermukim di Singapura sampai akhir hayatnya. Sejak itu istana ini tinggal terlantar dan akhirnya runtuh sama sekali, kini tinggal puingnya.


6. Gedung Tengku Bilik

Gedung Tengku Bilik Pulau penyengat

Bangunan ini bertingkat dua, walaupun sudah rusak tapi bentuk aslinya masih kelihatan. Bentuk bangunannya merupakan ciri-ciri kesukaan para bangsawan Melayu akhir abad XIX, karena seni bangunan seperti itu masih ditemui di Singapura (istana Kampung Gelam), di Johor dan tempat-tempat lain di semenanjung Malaysia. Bangunan ini masih ditempati sampai masa Perang Dunia II dan sekarang masih menarik pengunjung yang datang ke pulau Penyengat. Pemilik gedung ini, yaitu Tengku Bilik, adik sultan Riau terakhir, bersuamikan Tengku Abdul Kadir.


7. Gudang Mesiu

Gudang Mesiu Pulau Penyengat

Tak seberapa jauh dari Mesjid Raya Penyengat terdapat bangunan kecil yang seluruhnya terbuat dari beton, tampak amatlah kokoh dengan temboknya setebal satu hasta dengan jendela-jendela kecil berjeriji besi. Sesuai dengan namanya, gedung ini dahulunya tempat menyimpan mesiu, yang oleh penduduk di daerah ini disebut obat bedil. Melihat gedung ini akan memberi bayangan betapa siapnya kerajaan Riau – Lingga dalam menentang penjajahan di negerinya. Dahulu, menurut cerita tempatan, di pulau ini terdapat empat buah gedung tempat menyimpan mesiu dan kini hanya tinggal satu ini.


8. Kubu dan Parit Pertahanan Bukit Kursi 

Kubu dan Parit Pertahanan Bukit Kursi  Pulau Penyengat

Di Penyengat terdapat kubu dan parit pertahanan kerajaan Riau dalam peperangan melawan Belanda tahun 1782-1784. Kubu-kubu ini terletak di bukit Penggawa, bukit Tengah dan bukit Kursi. Dahulu, kubu-kubu ini seluruhnya dilengkapi dengan meriam dalam berbagai ukuran. Bagi para wisatawan yang berkunjung, kubu ini amatlah menarik, karena selain mengandung nilai sejarah juga pemandangan alam dari kubu-kubu ini sangat indah pula.

9. Balai Adat Indra Perkasa

Balai Adat Indra Perkasa Pulau Penyengat

Gedung dengan arsitektur tradisional Melayu Kepulauan ini dijadikan Balai Adat untuk memperagakan berbagai bentuk upacara adat Melayu. Letaknya di tepi pantai menghadap laut lepas, amatlah mempesona. Di dalam gedung ini dapat dilihat tata ruangan dan beberapa benda kelengkapan adat Resam Melayu atau beberapa atraksi kesenian yang diadakan untuk menghormati tamu tertentu.

Jika anda ingin bpergian pergi ke Pulau Penyengat ini dari tanjung pinang, anda harus merogoh kocek sebesar :

a. Naik Pompong Rp 10.000/orang atau Rp 200.000 untuk sewa PP

b. Becak untuk keliling pulau ke semua situs sejarah Rp 40.000/becak

c. Atau hubungi amanah transporter di 0812 2244 328 untuk melayani perjalanan anda...........


Berikut Alamat Kantor Dan Perwakilan Kami  :

 

Berikut Alamat Kantor Di Jakarta :

Jalan Mede No 5 Rt 01 Rw 08 Kelurahan : Utan Kayu utara Kecamatan : Matraman Jakarta Timur – DKI Jakarta 13120 Google Map : Amanah Transporter 328 Jakarta - Paket Wisata Jakarta - Paket Tour Singapore Malaysia No Telp : 021 21012324 Contact Person : 0812 2244 328 / Andy Email : marketing@amanahtransporter.com  

Berikut Alamat Kantor Cabang Kami Di Tanjung Pinang :

Jalan Ganet Km 10 , Perumahan Bukit Raya Blok Kerinci No 1 Rt 01 Rw 11 Kelurahan : Pinang Kencana Kecamatan : Tanjung Pinang Timur Tanjung Pinang – Kepulauan Riau 29125 Google Map : Cabang Amanah Transporter Tour Planner 328 No Telp : – Contact Person : 085263451656 / Mahfudin Email : admin@amanahtransporter.com  

Berikut Alamat Perwakilan Kami Di Bandung :

Jalan Pasir Layung Utara VI No : 3 Kelurahan : Pasirlayung Kecamatan : Cibeunying Kidul Kota Bandung – Jawa Barat 40192 Google Map : Paket Wisata Bandung - Amanah Transporter 328 Cabang Bandung No Telp : – Contact Person : 0859-7519-0565 / Tri Cahyadi Email : admin@amanahtransporter.com 


Berikut Layanan Jasa CV Amanah Transporter

 

Berikut Layanan Sewa Mobil , Bus Dan Taxy Tanjung Pinang , Bintan Dan Batam : 

  1. Sewa Mobil Tanjung Uban - Lagoi Bintan
  2. Rental Mobil Tanjung Pinang - Harga Sewa Mobil Tanjung Pinang
  3. Sewa Mobil Batam - Harga Rental Mobil Batam Murah
  4. Rental Mobil Natuna - Harga Sewa Mobil Ranai
  5. Sewa Bus , Hiace , dan Elf 19 Seat Batam
  6. Rental Bus Tanjung Pinang
  7. Bintan Car Rental
  8. Taxi Tanjung Pinang Dan Antar Jemput Bandara Bintan
 

Berikut Layanan Event Organizer - Wedding Organizer - Outbound

  1. Event Organizer Jakarta dan Outbound Operator Jakarta
  2. Jasa Event Organizer Tanjung Pinang dan Bintan
  3. Layanan Event Organizer Bandung Dan Wedding Organizer Bandung
  4. Jasa Mice - Event Organizer Batam - Outbound Dan Wediing Organizer Batam
  5. Jasa Event Organizer Jogja - Wedding Organizer - Outbound Jogja
  6. Jasa Webinar , Virtual Event Organizer dan Virtual Meeting
 

Berikut Layanan Paket Wisata Bandung - Tour And Travel Bandung

  1. Paket Wisata Bandung 1 Hari - One Day Tour Bandung
  2. Tour Bandung 3D2N
  3. Paket Bandung 2 Hari 1 Malam - Harga Tour Bandung 2D1N
  4. Wisata Bandung - Bandung Tour Package
 

Berikut Layanan Paket Tour Bintan Bintan Tour Package

  1. One Day Tour Lagoi Bintan
  2. Wisata Bintan 2 Hari 1 Malam
  3. Tour Bintan 3D2N
  4. Paket Wisata Tanjung Pinang 3 Hari 2 Malam
  5. Bintan 3 Days 2 Nights Tour Package
  6. Bintan Mangrove Tour Package
  7. Paket Golf Bintan
  8. Paket Snorkeling Bintan
  9. Island Hopping Bintan 3D2N
  10. Voucher Tiket Treasure Bay
  11. Nirwana Garden Resort Bintan
 

Berikut Layanan Paket Wisata Batam

  1. Paket Tour Batam 1 Hari
  2. Paket Wisata Batam Bintan 3 Hari 2 Malam
  3. Tempat Wisata Di Batam
  4. Pulau Ranoh Tour Package Batam
  5. Kepri Coral Tour
  6. Tour And Travel Di Batam
 

Berikut Layanan Paket Wisata Jogja

  1. Paket Wisata Jogja 1 Hari
  2. Wisata Jogja 2 Hari 1 Malam
  3. Paket Tour Jogja 3D2N
  4. Tour Jogja Malang 3 Hari 2 Malam
 

Berikut Layanan Paket Wisata Dieng

  1. One Day Tour Dieng - Paket Wisata Dieng satu Hari
  2. Tour Dieng 2 Hari 1 Malam
  3. Paket Wisata Dieng 3D2N
  4. Paket Liburan Jogja Dieng 3 Hari 2 Malam
 

Berikut Layanan Paket Wisata Belitung

  1. Paket Wisata Belitung 1 Hari - Belitung City Tour
  2. Tour Belitung 3 Hari 2 Malam
 

Berikut Layanan Paket Wisata Lombok

  1. One Day Trip Lombok
  2. Paket Wisata Lombok 3 Hari 2 Malam
 

Berikut Layanan Paket Wisata Pulau Seribu

  1. Paket Wisata Pulau Seribu
  2. Wisata Pulau Pari One Day Trip
  3. One Day Tour Pulau Harapan
  4. Paket Liburan Pulau Harapan
 

Berikut Layanan Paket Wisata Medan Dan Danau Toba

  1. Paket Wisata Danau Toba 4 Hari 3 Malam
  2. Tour Bukit Lawang 3 Hari 2 Malam
 

Berikut Layanan Paket Wisata Bali

  1. Paket Wisata Bali 3 Hari 2 Malam
 

Berikut Layanan Paket Wisata Singapore

  1. One Day Trip Singapore Dari Batam
  2. Wisata Singapore 1 Hari Dari Tanjung Pinang
  3. Paket Tour Singapore 3 Hari 2 Malam 3D2N
  4. Tour Batam Singapore 3 Hari 2 Malam
  5. Paket Wisata Batam Singapore Bintan 4 Hari 3 Malam
 

Berikut Layanan Paket Wisata Malaysia

  1. Paket Wisata Malaysia 3 Hari 2 Malam 3D2N
  2. Tour Batam Singapore Malaysia 3D2N
 

Berikut Layanan Paket Wisata Eropa

  1. Paket Wisata Kapal Pesiar
  2. Paket Liburan Turki 8 Hari 5 Malam
 

Berikut Layanan Jasa Visa , KITAP , Legalisir Dokument dan Penerjemah

  1. Biro-jasa-pengurusan-visa-semua-negara
  2. Pembuatan-visa-kerja-malaysia
  3. Jasa-pembuatan-visa-schengen
  4. Legalisir-dokumen-di-kedutaan-besar
  5. Jasa Pembuatan-kitas-dan-kitap
  6. Layanan penerjemah-tersumpah-sworn-translation-services
  7. Alamat-kantor-kedutaan-besar-di-jakarta
 

Berikut Layanan Artikel Wisata – Tour And Travel

  1. Galeri-paket-wisata-cv-amanah-transporter-tour-and-travel
  2. Kota-tanjung-pinang-propinsi-kepulauan-riau
  3. Tanjung-pinang-tempat-wisata-budaya-melayu
 

Berikut Layanan Paket Jasa Promosi , Iklan dan Produk

  1. Hotel-pelangi-tanjung-pinang
  2. Layanan-hosting-website-terbaik-untuk-tour-and-travel
  3. Halal-traveler-club
  4. Hotel-di-tanjung-pinang
  5. Travel-insurance-di-indonesia
  6. Idhome-paket-internet-murah-jabodetabek/
  7. Catering-rumahan-jakarta-timur
  8. Distributor-frozen-food-bekasi
  9. Agen-tahu-bakso-frozen
  10. Jasa-promosi-usaha-bisnis-dan-produk-anda
  11. Villa-garut-murah-saung-gumati
  12. Jasa-pasang-baja-ringan
  13. Harga-atap-baja-ringan-plus-pasang
  14. Rumah-yatim-badan-amal-dan-zakat-mitra-umat
  15. Catering-rumahan-usaha-modal-kecil-saat-pandemi-corona
  16. Sewa Bus Pariwisata Jakarta Primajasa

1 comment:

Dofollow Backlink - Just Put Your URL in Comment

Featured Post

Jasa SEO Jakarta Murah Dan Terbaik